Tips Untuk Pengguna Kartu Kredit Agar Keuangan Tetap Sehat

Tips Untuk Pengguna Kartu Kredit Agar Keuangan Tetap Sehat

Tips Untuk Pengguna Kartu Kredit Agar Keuangan Tetap Sehat

Jangan Keliru! Kartu Kredit Juga Bisa Membuat Keuangan Anda Sehat -  Cermati.comBPR BBABooming sejak 2019 penggunaan fitur paylater di masyarakat semakin tinggi saja, hingga sampai saat ini angka pengguna baru fitur paylater semakin bertambah setiap harinya hingga saat ini. Bahkan untuk beberapa orang, fitur paylater sudah menjadi kebutuhan untu kegiatan pembelian kebutuhan sehari-hari. Apakah kamu termasuk salah satunya?. Sebenarnya sah-sah saja menggunakan fitur paylater sebagai alat pembelian utama untuk pemenuhan kebutuhan atau hal lainnya, tapi apakah kamu sudah paham bagaimana cara menggunakan secara bijak agar tidak menganggu kesehatan keuangan pribadi kamu?. Berikut ini tips untuk pengguna kartu kredit agar keuangan tetap sehat.

1. Penggunaan Kartu Kredit

8 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan BijakHarus diingat bahwasannya kartu kredit itu tidak menggantikan uang cash. Jika Anda punya kartu cash, bisa saja Anda membeli barang yang ingin Anda beli karena pada dasarnya Anda punya uang. Beda dengan kartu kredit. Anda membeli barang dengan uang bank dan Anda harus mengangsur.

Jadi, gunakan kartu kredit untuk hal-hal tertentu yang benar-benar penting. Jangan gunakan kartu kredit seolah-olah Anda menggunakan uang cash.

2.  Pilih Jenis Kartu Kredit Yang Sesuai Kebutuhan

Panduan Pemula: Mengenal Berbagai Jenis Kartu Kredit - PinterPoinIni juga sangat menentukan bagaimana Anda bisa mengatur keuangan meskipun menggunakan kartu kredit. Ada banyak sekali jenis kartu kredit. Ada kartu kredit berdasarkan limit, wilayah, dan afiliasinya. Maka dari itu, tentukan limit sehingga Anda bisa membatasi berapa jumlah hutang yang mampu Anda bayar. Begitu juga dengan wilayah. Semakin luas jangkauannya maka semakin mahal. Kartu kredit berdasarkan afiliasi itu artinya dengan pihak siapa bank bekerjasama. Jadi, sederhananya, Anda ketahui apa yang Anda butuhkan dari kartu kredit. Dengan demikian, Anda tidak salah memilih kartu kredit.

 

3. Kepemilikan

Tagihan Kartu Kredit Mencekik? Ini Tips Solusinya - Finansial Bisnis.comSemakin banyak kartu kredit maka semakin tinggi hasrat untuk menggunakan. Dan semakin banyak pula angsurah yang harus Anda lakukan. Untuk itu, batasi kepemilikan kartu kredit. Cukup satu saja. Maksimal dua saja. Ini saran dari pakar keuangan.

4.  Gunakan Dengan Tepat

Jangan Sepelekan, Gunakan Kartu Kredit Anda Dengan Benar! - SepulsaPengguna kartu kredit cenderung menggunakan kartu kredit di berbagai tempat yang menerima pembayaran dengan kartu kredit. Sebaiknya hal tersebut Anda hindari. Gunakan di tempat tertentu saja contohnya di tempat yang memberikan diskon besar jika transaksi dengan menggunakan kartu kredit. Jadi, selain Anda bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan, Anda juga memperoleh potongan harga.

5.  Jangan Melakukan Withdraw

Uang di kartu kredit Anda juga bisa ditarik di ATM. Akan tetapi, Anda akan mendapatkan charge sekitar 4% atau minimal Rp 50.000. Jangan anggap sepele jumlah uang yang kecil ini karena charge ini tidak terasa akan membebani keuangan Anda.

Related Posts

Write a comment