Ketahui Keuntungan dan Resiko Kredit Agar Lebih Pintar Mengelola Uang

Ketahui Keuntungan dan Resiko Kredit Agar Lebih Pintar Mengelola Uang

Ketahui Keuntungan dan Resiko Kredit Agar Lebih Pintar Mengelola Uang

Pahami Definisi Kredit, Jenis Kredit, Hingga Prinsip Kredit BPR BBA – Anda pasti tahu keuntungan kredit yang satu ini, yaitu mempermudah proses pembayaran. Anda bisa beli barang sekarang namun Anda tidak mengeluarkan uang. Pihak bank yang menanggung. Anda hanya perlu mengangsur saja. Dan proses pengajuan kredit tidak perlu berhari-hari. Dengan memiliki kartu kredit, Anda bisa kredit barang apapun pada waktu itu juga. Yuk ketahui keuntungan dan resiko kredit agar lebih pintar mengelola uang.

 

Keuntungan kredit yang tidak banyak orang ketahui

1.  Mempermudah Anda dalam mengatur anggaran keuangan

Pertumbuhan Kredit Rendah Akibat Permintaan Masih Lesu Salah satu layanan kartu kredit adalah mempermudah perencaan keuangan. Contoh, ketika Anda ingin membeli sebuah barang, Anda akan mendapatkan fasilitas pembayaran. Jadi, Anda bisa mengontrol penuh berapa jumlah tagihan yang Anda mampu angsur setiap bulan.

Banyak orang yang asal beli. Mereka merasa punya tabungan atau uang cash sehingga mereka langsung membeli barang yang mereka inginkan. Mereka tidak memperhitungkan apakah tabungan masih bisa digunakan untuk mencukupi sehari-hari atau tidak. Akhirnya, mereka sering kekurangan uang untuk membeli kebutuhan keseharian lantaran membeli barang yang sebenarnya diluar kemampuan mereka.

2. Membuat Anda mudah melacak pengeluaran

Restrukturisasi Kredit di Masa Pandemi, Berjalankah?Ini keuntungan kredit yang sangat penting. Terkadang, seseorang tidak sadar jika ternyata uang di tabungan hampir habis atau bahkan habis padahal mereka tidak merasa membelanjakan uang. Mereka tidak sadar jika membayar beberapa cicilan. Lain hal jika mereka menggunakan kartu kredit. Mereka tahu berapa jumlah yang harus mereka keluarkan untuk membayar tagihan atau angsuran bulanan.

3.  Bisa digunakan di mana saja

Memberikan Modal Untuk Usaha Kredit | Bimbingan IslamBayangkan Anda berada di luar negeri dan ternyata Anda mendapatkan musibah, entah itu kehilangan koper, dompet, atau mengalami kecelakaan. Anda butuh uang banyak. Bisa gunakan kartu kredit di negara mana saja. Segera selesaikan masalah yang Anda hadapi dan pulang.

Pahami Juga Resiko Kredit

Ada beberapa kasus di mana pemilik kartu kredit gagal bayar. Ini yang disebut dengan resiko kredit. Gagal bayar tersebut disebabkan karena pendapatan tidak disesuaikan dengan pengeluaran pemilik kartu kredit.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda perlu tahu satu hal ini. Anda jangan menganggap kartu kredit itu seperti uang tunai yang bisa digunakan untuk apa saja mengingat limit kartu kredit Anda besar. Selalu ingat di bulan yang akan datang, Anda masih menggunakan kartu kredit. Ada kewajiban pembayaran yang harus Anda lakukan bulan depan.

Jadi, ada sisi positif dan negatif dari kartu kredit. Tinggal bagaimana Anda mampu mengontrol kartu kredit, bukan sebaliknya kartu kredit mengontrol Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan semua keuntungan kredit.

Related Posts

Write a comment