Ketahui Cara Mengatur Kartu Kredit

Ketahui Cara Mengatur Kartu Kredit

KETAHUI CARA MENGATUR KARTU KREDIT

Ketahui Cara Mengatur Kartu Kredit – Sudahkah Anda bijak dalam penggunaan kartu kredit? Penggunaan kartu kredit dibutuhkan komitmen dan disiplin terhadap cara atau pola hidup. Jangan sampai penggunaan kartu kredit mambuat Anda boros ya :). Nah mari atur penggunaan kartu kreditmu dengan cara berikut ini.

Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan kartu kredit :

1. Buatlah Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Kartu kredit sering mengadakan kerjasama dengan toko-toko komersil. Tujuannya adalah untuk menarik nasabah dengan memberikan manfaat lebih kepada mereka. Cobalah memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda cenderung hobi petualangan kuliner, buatlah kartu kredit yang memberikan banyak promo di restoran, seperti Kartu Kredit Citi Reward Card.

Jika Anda cenderung sering belanja fashion, buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo di outlet-outlet fashion termasuk di e-commerce fashion seperti kartu kredit dari Bank Mega.  Untuk belanja bulanan, jelas yang Anda butuhkan adalah kartu kredit belanja seperti UOB one Card.

2. Maksimal 2 Kartu Kredit

Meski memberi banyak kemudahan dan kenikmatan, Anda harus membatasi diri dalam kepemilikan kartu kredit. . Toh Anda tidak membutuhkan semua jenis kartu yang dimaksud pada nomor 1 di atas bukan.

Gunakan hanya satu atau maksimal 2 kartu kredit saja. Karena itu pastikan untuk mengenali terlebih dahulu kebutuhan Anda, sehingga Anda bisa menemukan jenis kartu yang paling tepat untuk dimiliki.

Anda mesti waspada, semakin banyak kartu kredit yang Anda pegang, semakin besar pula kemungkinan Anda akan terjebak dalam belanja berlebihan. Itu artinya, Anda berisiko menanggung utang semakin banyak.

Dengan 2 kartu kredit, mestinya Anda sudah dapat memenuhi seluruh kebutuhan jika Anda pandai mengatur penggunaannya.

3. Tentukan Limit dengan Bijak

Setiap kartu kredit memiliki limit yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Untuk lebih meminimalisir risiko jebakan belanja, Anda bisa menentukan salah satu kartu kredit yang Anda miliki dengan limit kecil saja. Dengan cara itu, pengeluaran Anda bisa lebih diatur.

Sementara kartu kredit satunya lagi, tidak apa-apa Anda berikan limit yang lebih besar. Gunanya untuk berjaga-jaga jika diperlukan. Ingat, jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Usahakan untuk menggunakan kartu kredit selalu di bawah limit yang sudah Anda tentukan. Jika misalnya limit kartu kredit Anda adalah 4 juta, akan lebih baik dan lebih aman jika pemakaian Anda tidak melampaui jumlah tersebut.

Anda harus tahu, besarnya limit tidak menunjukkan bahwa Anda harus menggunakannya sampai batas maksimal, Jika penggunaan Anda melebihi limit yang ditentukan, Anda akan dikenakan denda. Sadari kemampuan keuangan Anda dan gunakanlah kartu kredit dengan bijak.

4. Susun dan Patuhi Daftar Belanja

Saat merencanakan belanja dengan kartu kredit, ada baiknya Anda menyusun daftar  belanja terlebih dahulu sesaat sebelum melakukannya. Dengan daftar belanja yang sudah tersusun, Anda akan terhindar dari pembengkakan jumlah taguhan belanja yang telah Anda lakukan.

Jangan berbelanja saat kondisi marah atau Anda lelah. Percayalah Anda akan sulit konsentrasi dan fokus pada tujuan belanja, saat emosi tidak stabil. Belanjalah dengan santai dan tenang, sehingga Anda bisa berfikir positif dan mampu patuh terhadap semua aturan dalam daftar belanja yang sudah Anda susun.

Jika Anda bisa menerapkan hal ini setiap kali berbelanja, maka Anda tidak akan mengalami penyesalan karena tagihan kartu kredit yang membengkak pada akhir bulan.

5. Dapatkan Manfaat Lebih Kartu Kredit

Ada banyak kelebihan kartu kartu kredit yang bisa Anda manfaatkan jika jeli menggunakannya. Mulailah aktif mengikuti berbagai informasi dan promosi yang diadakan kartu kredit Anda. Misalnya dalam bentuk diskon atau penawaran menarik lainnya.

Anda bisa memanfaatkan momen promosi tersebut untuk berhemat. Namun selalu ingat, gunakan promosi itu jika Anda memang betul-bentul membutuhkan.

Misalnya jika Anda dikirim info adanya program diskon belanja di supermarket dengan menggunakan kartu kredit Anda. Anda bisa memanfaatkannya untuk belanja bulanan. Jangan memaksakan diri  belanja sesuatu yang tidak begitu Anda butuhkan,  demi mengejar diskon.  Itu sudah termasuk pemborosan.

Beberapa bank menerapkan sistem reward dalam kartu kredit yang mereka keluarkan, biasanya berupa poin. Mungkin Anda sering tidak sadar, setiap kali berbelanja dengan kartu kredit, poin dalam kartu kredit Anda akan bertambah. Jika sudah terkumpul banyak, poin itu bisa ditukarkan dengan barang atau promo-promo menarik.

Penukaran poin merpakan salah satu keuntungan dari kartu kredit. Gunakan poin reward Anda dan jangan membuangnya dengan percuma. Namun begitu, Anda tetap harus teliti dan jeli dalam memantau serta menggunakan poin reward.

Dengan poin reward,  menggunakan kartu kredit jadi semakin menguntungkan dan menyenangkan.

6. Hindari Biaya dan Bunga dengan Membayar Tepat Waktu

Bank juga menerapkan berbagai macam biaya dan juga bunga pada kartu kredit. Karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui komponen biaya tersebut dan besaran bunga yang mereka kenakan.

Ini mungkin terlihat sepele, namun akan cukup merepotkan jika Anda tidak mengerti sejak awal. Hindari berbagai macam biaya tersebut dan juga bunga, agar tagihan tidak membengkak.

Salah satu strategi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan kedisiplinan  dalam pembayaran dan  dalam mengelola penggunaan Hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi ini adalah disiplin dalam membayar dan juga mengelola penggunaan kredit Anda.

7. Hindari Penarikan Tunai

Kartu kredit bukan kartu ATM, jadi sebaiknya Anda jangan menggunakannya di mesin ATM, artinya jangan gunakan untuk transaksi tarik tunai. Hal ini akan menimbulkan sejumlah biaya di dalam tagihan Anda. Untuk setiap transaksi penarikan tunai Anda, akan dikenakan biaya sebesar 4% atau minimal Rp50 ribu. Besar, kan?

Bukan hanya biaya tarik tunai saja, Anda juga akan dikenakan biaya bunga yang jumlahnya sekitar 3,5% – 4% dari jumlah dana yang Anda tarik dari kartu kredit.

Sejumlah bunga ini akan segera diterapkan pada saat transaksi penarikan tunai tersebut Anda lakukan. Pasalnya, bank menerapkan sistem bunga harian pada transaksi tarik tunai, berbeda dengan bunga transaksi belanja.

Jangan sampai Anda mendapat masalah dan terlilit sejumlah utang karena kurang cerdas dalam mengelola penggunaan kartu kredit. Gunakan kartu kredit dengan penuh pertimbangan, dan bayar dengan disiplin semua tagihan yang datang.

PT BPR BERLIAN BUMI ARTA – https://bpr-bba.com/ BPR yang berdaya saing tinggi, Kami senantiasa berusaha untuk meningkatkan kepercayaan Masyarakat. Menumbuh kembangkan kepercayaan merupakan modal kami untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan nasabah. KLIK DISINI. Hubungi Kami di (0274)566294 / email : bbaygy@yahoo.com

 

Related Posts

Write a comment