Investasi Favorit Sepanjang Masa

Investasi Favorit Sepanjang Masa

Emas Sebagai Perlindungan dari Inflasi dan Suku Bunga RendahBPR BBA –  Dimasa pandemi Covid-19 seperti ini, banyak warga yang menyimpan uangnya untuk persiapan jika pandemi makin berkepanjangan. Tak ayal, investor ingin memperoleh cuan dari berinvestasi emas. Tapi, tahukah Anda ketika berinvestasi emas terdapat biaya-biaya ‘tersembunyi’ yang harus dipertimbangkan?. Makanya, sebelum Anda ikut berinvestasi emas, ketahui dulu seluk beluk investasi emas. Tujuannya tak lain jangan sampai Anda mengalami kerugian karena kurang memperhitungkan biaya-biaya tambahan lainnya dalam berinvestasi emas. Yuk simak investasi favorit sepanjang masa.

.

 

1.   Perlindungan terhadap inflasi

Emas Sebagai Perlindungan dari Inflasi dan Suku Bunga RendahEmas mungkin adalah salah satu barang yang dapat mempertahankan nilainya dalam jangka panjang dan mampu menaklukkan inflasi, dengan nilai yang meningkat seiring dengan biaya hidup, seringkali mencapai nilai tertingginya selama periode inflasi tinggi. Di saat terjadi kenaikan inflasi, nilai uang itu sendiri menjadi rendah. Hal ini berbanding terbalik dengan emas yang justru naik lebih tinggi harganya sehingga membuat emas semakin berharga.

2.   Emas Sebagai Diversifikasi

Pepatah mengatakan, jangan simpan telur Anda dalam satu keranjang saja. Ini berlaku juga untuk investasi. Jangan investasikan uang Anda hanya pada satu instrumen saja. Maka ketika terjadi peristiwa ekonomi yang tidak terduga dan berdampak pada salah satu instrumen investasi, Anda masih memiliki investasi lainnya.

Maka meskipun Anda sudah memiliki investasi dalam bentuk deposito maupun saham, menambah investasi pada emas tidak akan merugikan. Pergerakan emas biasanya berlawanan dengan pasar saham. Sehingga jikalau pasar saham mengalami penurunan, pemilik emas tidak akan terlalu rugi karena harga emas cenderung meningkat.

3.   Nilainya yang cenderung meningkat

Emas Sebagai Perlindungan dari Inflasi dan Suku Bunga RendahKeterbatasan pasokan emas tidak sebanding dengan permintaannya yang sangat tinggi. Ini memastikan harga emas akan selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Emas juga instrumen investasi yang lebih minim resiko.

4.   Memiliki likuiditas yang tinggi

Pengaruh Inflasi terhadap Investasi | Inflasi adalah Hal yang Bisa DiatasiEmas termasuk aset yang sangat likuid, di mana keberadaan emas sangat dihargai di manapun sehingga sangat mudah untuk mencairkannya menjadi uang tunai saat sedang mengalami krisis.

Untuk memiliki emas kini tidak membutuhkan proses yang panjang dan berbelit. Bekerja sama dengan toko emas tersertifikasi, BPR  menyediakan program Cicil Emas bagi nasabah yang ingin memiliki emas sebagai investasi.

Apa bedanya Tabungan Emas yang sering kita dengar dengan Cicil Emas BPR ?

Tabungan Emas berarti kegiatan rutin menabung dengan nilai emas yang mengikuti harga saat kita setor. Sedangkan Cicil Emas artinya kita membeli sejumlah emas sesuai target investasi kita dengan harga hari ini, kemudian pembayarannya diangsur selama jangka waktu yang telah disepakati.

Produk yang ditawarkan yakni emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang (Antam), mulai dari kepingan 10 gram hingga 1 Kilogram.

Emas dijadikan agunan kredit dan nasabah dapat mengangsur pembayarannya perbulan dengan pilihan jangka waktu hingga 5 tahun. Angsurannya flat dan tidak terpengaruh dengan fluktuasi harga emas. Meski demikian, nilai dari emas yang diinvestasikan tetap mengikuti tren harga pasar sehingga menguntungkan nasabah.

Write a comment