Perbedaan Antara Cek dan Giro

Perbedaan Antara Cek dan Giro

Cek adalah sebuah media penarikan tunai atau bisa dikatakan sebagai tanda terima sejumlah uang, Cek tunai merupakan cek yang tidak memili tanggal jatuh tempo pembayaran. Sedangkan Giro atau bilyet giro adalah surat perintah yang dikeluarkan nasabah kepada pihak bank tempatnya menabung agar melakukan proses pemindah bukuan sejumlah dana dari rekening yang dimiliki nasabah tersebut ke rekening seseorang yang namanya disebutkan di dalam giro tersebut. Dengan demikian, giro merupakan sebuah media pemindah bukuan sejumlah dana yang dilakukan antar rekening

Perbedaan Cek dan Giro

Meskipun terlihat sama, cek dan giro memiliki beberapa perbedaan di dalamnya. Beberapa di antaranya seperti:

1. Tanggal Efektif dan Tanggal Terbit

Berdasarkan tanggal terbitnya, cek dan giro memiliki ketentuan yang berbeda. Cek tidak memiliki perbedaan antara tanggal terbit dan tanggal efektif. Dengan begitu, sejumlah dana yang terdapat di dalam cek bisa saja langsung dicairkan sesaat setelah cek tersebut diterbitkan.

Hal ini berbeda dengan ketentuan yang terdapat di dalam bilyet giro. Sebab tanggal efektif dan tanggal terbitnya bisa saja berbeda. Yang dimaksud dengan tanggal efektif pada bilyet giro adalah tanggal sejumlah dana tersebut dapat dipindahtangankan kepada orang yang dituju. Sementara tanggal terbit di dalam bilyet giro adalah tanggal pada saat giro tersebut diterbitkan pemiliknya. Dalam hal ini, bisa saja sejumlah dana yang tertera di dalam giro tersebut belum tersedia/belum bisa dipindahbukukan ke rekening penerimanya.

2. Tanggal Jatuh Tempo

Cek tunai tidak mengenal tanggal jatuh tempo. Sejumlah dana yang tertera pada cek tersebut bisa langsung diuangkan sesaat setelah cek tersebut diterbitkan. Dengan kata lain, sejumlah dana tersebut telah tersedia dan bisa langsung diuangkan penerimanya.

Sementara giro memiliki tanggal jatuh tempo dan hal ini menjadi salah satu hal yang penting sekali untuk dicermati penerima giro. Sejumlah dana yang terdapat di dalam giro tersebut tidak bisa dipindahbukukan ke rekening penerima sebelum tanggal jatuh tempo tiba. Artinya, sejumlah dana tersebut bisa saja belum tersedia ketika giro tersebut diterbitkan.

3. Pencairan Dana

Cek setara dengan dana tunai. Yang berarti sejumlah dana di dalamnya bisa langsung dicairkan/diuangkan ke bank yang tertera di dalam cek tersebut. Sementara pencairan giro harus melalui proses pemindahbukuan. Di mana sejumlah dana tersebut akan dipindahbukukan terlebih dahulu ke rekening penerima. Lalu bisa dicairkan atau ditarik penerima yang bersangkutan.

Cermati Alat pembayaran yang Praktis bagi Anda

Penggunaan cek dan giro tentu akan sangat membantu dalam melakukan berbagai pembayaran dan juga transaksi keuangan lainnya. Hal ini memberi kemudahan dalam menyelesaikan berbagai urusan keuangan. Di dalam penggunaannya, cek dan giro memiliki kelebihan masing-masing. Keduanya akan memberi manfaat maksimal jika kita gunakan sesuai kebutuhan transaksi pembayaran yang kita perlukan.

Related Posts

Write a comment