Indonesia Bisa Andalkan Sektor Ini Saat Ekonomi Dunia Sedang Tidak Pasti

Indonesia Bisa Andalkan Sektor Ini Saat Ekonomi Dunia Sedang Tidak Pasti

Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde mengatakan gejolak ekonomi global masih menjadi momok yang harus diperhatikan pemerintah Indonesia.

Salah satu ketidakpastian global yang memberikan dampak terhadap perekonomian nasional adalah kebijakan suku bunga yang dilakukan oleh The Fed.

“Perekonomian global lebih dari sekedar dalam proses pemulihan, kami melihat volatilitas dan gangguan pada beberapa minggu yang lalu,” kata Lagarde usai menghadiri acara High Level Conference Annual Meeting 2018 di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Dia menilai sistem perekonomian Indonesia sudah dibangun dengan fondasi yang kokoh. Di mana, inflasi berada di level rendah, nilai tukar rupiah masih terkendali. Namun tidak ada salahnya untuk mencari sumber-sumber perekonomian yang baru agar mampu menahan ketidakpastian global.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyebutkan Indonesia memiliki banyak sektor-sektor yang berpotensi menjadi sumber pertumbuhan ekonomi nasional.

Sektor-sektor tersebut, dikatakan Agus ialah sektor pariwisata, maritim, dan keuangan syariah berpotensi menjadi sumber pertumbuhan ekonomi nasional yang baru.

“Sumber pertumbuhan ekonomi baru, kita lihat menyorot adalah dari sisi tourism, pariwisata menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru, kita juga lihat maritim jadi sumber ekonomi baru, yang kita lihat dari pengembangan islamic ekonomi, jadi ekonomi syariah itu memungkinkan global halal chain akan meliputi Indonesia dan itu akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang baru,” ungkap dia.

Related Posts

Write a comment