Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Manajamen keuangan merupakan suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Melaksanakan manajemen keuangan tentu bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan prinsip-prinsip yang dapat mendasari manajemen keuangan. Tujuan utama Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh pemegang saham.

Fungsi Manajemen Keuangan

1. Investment Decision (Keputusan Investasi)

Investasi artinya yaitu penanaman modal pada aset riil ataupun aset finansial (surat berharga), keputusan investasi ini ialah sebuah keputusan terhadap aset apa yang nantinya akan dikelola oleh entitas/perusahaan. keputusan yang strategis ini akan mempengaruhi secara langsung terhadap besar kecilnya suatu rentabilitas investasi serta aliran dana dalam perusahaan pada masa yang mendatang.

2. Financing Decision (Fungsi Pendanaan)
Keputusan mengenai pendanaan yaitu dengan mempelajari berbagai sumber dana perusahaan, dalam laporan keuangan yang berada dalam sisi pasiva. Dalam keputusan ini harus memperhatikan berapa sumber dana dengan biaya seminimal mungkin dan juga adanya syarat yang bisa menguntungkan baik itu yang berasal dari internal perusahaan ataupun sumber dana yang berasal dari luar perusahaan (eksternal).

3. Deviden Decision (Keputusan Deviden)

Pada fungsi ini, keputusan biasanya akan menyangkut hal hal seperti:
  • Besaran presentase laba yang akan dibagikan kepada pemilik dalam sebuah bentuk kas
  • Untuk tingkat stabilitas deviden yang akan dibagikan oleh manajemen
  • Dalam stock devidend, (dividen saham)
  • stock split (pemecahan saham)
  • Dalam Penarikan saham yang telah beredar

Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan mempunyai tujuan untuk memaksimalkan nilai dari sebuah perusahaan. Dalam manajemen harus bisa menekan suatu perputaran uang yang bisa menghindarkan dari suatu aktivitas yang tidak diinginknan. Yang harus diingat, tujuan utama dari suatu perusahaan yaitu untuk memaksimalkan atau menambah kesejahteraan para pemilik perusahaan. saham yang beredar ialah suatu bukti kepemilikan, kesejahteraan para pemilik direfleksikan dari harga pasar perusahaan itu, harga perusahaan tersebut ialah buah dari suatu keputusan manajemen mengenai keputusan untuk investasi, keputusan didalam pendanaan serta aktivitasnya dalam memanage suatu aktiva, keputusan keputusan tersebut akan berdampak pada harga saham para pemilik perusahaan tersebut.

Related Posts

Write a comment