Ciri – Ciri Uang Palsu

Ciri – Ciri Uang Palsu

Ciri - Ciri Uang Palsu
Seperti yang kita ketahui bahwa kini sudah beredar uang palsu. Beredarnya uang palsu di tengah masyarakat tentunya sangat meresahkan. Nah, sebagai masyarakat yang baik, kita harus waspada terhadap beredarnya uang palsu ini.

Jika kita bisa membedakan mana uang asli dan mana uang yang palsu, dapat dipastikan kita dapat membantu pemerintah dalam memberantas beredarnya uang palsu secara tidak langsung. Jika ada diantara kita masih belum memahami bagaimana ciri-ciri dari uang palsu yang beredar di tengah masyarakat, perhatikan beberapa ciri uang palsu yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Ciri-ciri uang palsu terbaru yang wajib untuk diketahui

Jika diperhatikan dengan seksama, beredarnya uang palsu terjadi pada moment-moment yang sakral. Hari besar agama biasanya digunakan oleh oknum yang kurang bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya dengan menebar uang palsu di tengah masyarakat. Mereka memanfaatkan kondisi tersebut untuk memperdayai masyarakat yang tengah lengah dalam menyiapkan segala kebutuhan selama acara keagamaan tersebut berlansung.

Ciri Ciri Uang Palsu Terbaru Yang Beredar di Masyarakat

Agar kita tidak termasuk ke dalam orang yang lengah dalam menghadapi beredarnya uang palsu tersebut, ada baiknya kita memahami dengan baik akan ciri-ciri dari uang palsu tersebut. Berikut ini merupakan ciri-ciri uang palsu yang wajib untuk dipahami oleh masyarakat:

1. Perbedaan warna uang yang mencolok

Untuk membedakan uang palsu dan yang asli, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah warna dari uang tersebut. Uang palsu sendiri memiliki warna uang yang kusam. Warna uang akan mudah luntur ketika bersingungan dengan air. Jika kita menemukan ciri tersebut pada uang yang ada di tangan, dapat dipastikan jika uang tersebut merupakan uang palsu.

2. Benang pengaman

Benang pengaman yang dimiliki oleh uang palsu hanya merupakan gambar dan tidak terasa timbul. Benang pengaman tersebut bahkan sulit untuk dicukil dengan menggunakan kuku. Jika dibandingkan dengan uang asli, benang pengaman yang ada di uang palsu tentunya memiliki perbandingkan yang mencolok.

3. Hologram pada uang

Hologram pada uang asli juga dimiliki oleh uang palsu. Yang membedakannya, hologram pada uang palsu tidak dapat dilihat dari berbagai sisi. Hologram tersebut hanya dapat dilihat dari satu sisi saja.

4. Tekstur uang

Keaslian uang dapat dilihat pula melalui tekstur kertas. Uang palsu cenderung memiliki tekstur kertas yang halus. Tektur kertas juga dapat terasa sangat kasar akibat dari penggunaan tinta warna yang tidak semestinya.

5. Tanda air

Tanda air pada uang dapat diketahui dengan cara menerawang. Saat kita menerawang uang palsu, kita tidak akan menemukan tanda air di dalam uang palsu tersebut. Tanda air pada uang asli akan terlihat dengan amat jelas ketika terkena sinar. Jika ingin melihat tanda air dengan lebih jelas, kita dapat menggunakan money detector sebagai alat pembaca. Sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh alat tersebut mampu membedakan mana uang asli dan yang palsu.

PT BPR BERLIAN BUMI ARTA – http://bpr-bba.com/ BPR yang berdaya saing tinggi, Kami senantiasa berusaha untuk meningkatkan kepercayaan Masyarakat. Menumbuh kembangkan kepercayaan merupakan modal kami untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan nasabah. KLIK DISINI. Hubungi Kami di (0274)566294 / email : bbaygy@yahoo.com

Related Posts

Write a comment