Ciri – Ciri Uang Kertas dan Uang Logam

Ciri – Ciri Uang Kertas dan Uang Logam

Ciri – Ciri Uang Kertas dan Uang Logam

Seperti yang kita ketahui bahwa uang memiliki 2 jenis, yaitu uang kertas dan uang logam. Nah, jika membahas tentang uang apa yang Anda ketahui tentang uang kertas dan uang logam? Apa saja ciri – ciri dari uang kertas maupun uang logam?

Bank Indonesi (BI) sebagai pemegang kendali masalah Financial dan pencetakan keuangan berencana akan melaunching uang baru yang bernama Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan peluncuran uangakan dilakukan bersamaan dengan momentum bersejarah bagi bangsa indonesia yaitu peringatan dengan HUT-RI ke 69 pada 17 Agustus 2014.

Hal ini diungkapkan Deputi gubernur Bank indonesia Ronald Waas Kepada media bahwa, setelah Uang NKRI berlaku secara resmi pada tanggal 17 Agustus 2014 yang datang, BI akan menarik uang lama secara bertahap.”Uang lama masih berlaku seperti biasa ,di tarik secara bertahap,” sebagaimana kita ketahui secara bersama bahwa nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing termasuk yang terendah diantara negara ASEAN. Rupiah menempati posisi kedua dari bawah, satu peringkat di atas Vietnam Dong. Hal ini berdampak negatif. Rupiah dipersepsikan bernilai sangat rendah. Kerena itu mengatasi masalah tersebut maka pemerintah mengambilkebijakan Redenominasi. Sedangkan pengertian Redenominasi menurut Wikipedia adalah Redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya. Jadi intinya Redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang namun dengan catatatn tidak akan mempengaruhi nilai tukar yang ada.

Berbicara mengenai masalah mata uang hal tersebut sudah diatur dalam undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata uang dalam undang-undang tersebut dijelaskan khususnya dalam paasal 5 disebutkan bahwa ciri umum Rupiah uang kertas harus memuat yaitu:

1.Gambar Lambang NegaraGaruda Pancasila

2.Frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya.

4.tanda tangan pihak Pemerintah dan Bank Indonesia;

5.nomor seri pecahan;

6.teks ”DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI …”dan

7.tahun emisi dan tahun cetak.

sedangkan ciri umum mata uang logam paling umum harus memuat;

1.Gambar Lambang negara “garuda Pancasil’

2.frasa”Republik Indonesia”;

3.sebutan pecahan dalam angka sebagai nilai nominalnya; dan

4.tahun emisi.

setiap pecahan Rupiah selain memiliki ciri umum sebagaimana dimaksud diatas juga memiliki ciri khusus sebagai pengaman yang terdapat pada desain, bahan, dan teknik cetak ciri khusus dan bersifat terbuka,semi tertutup,dan tertutup Rupiah dan catatan tambahan uang rupiah tak boleh memuat gamba orang yang masih hidup.

PT BPR BERLIAN BUMI ARTA – http://bpr-bba.com/ BPR yang berdaya saing tinggi, Kami senantiasa berusaha untuk meningkatkan kepercayaan Masyarakat. Menumbuh kembangkan kepercayaan merupakan modal kami untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan nasabah. KLIK DISINI. Hubungi Kami di (0274)566294 / email : bbaygy@yahoo.com

Related Posts

Write a comment