Cara Meminjam Uang di Bank

Cara Meminjam Uang di Bank

kredit

CARA MEMINJAM UANG DI BANK

Cara Meminjam Uang di Bank – Bagi Anda yang sedang membutuhkan beberapa dana dan berencana meminjam uang ke Bank tapi masih bingung apa saja yang harus dipersiapkan. Artikel kali ini mungkin sedikit membantu. Yuk langsung saja kita bahas bagaimana cara meminjam uang di Bank.

Syarat Meminjam Uang di Bank

Syarat-syarat yang harus dipenuhi agar pengajuan pinjaman dana Anda dapat diterima oleh Bank. Diantaranya adalah:

  • Melengkapi identitas Anda.

Dengan menyerahkan fotocopy kartu identitas berupa Kartu Tanda Penduduk. Bagi Anda yang sudah menikah, perlu mencantumkan KTP kedua belah pihak. Yaitu suami dan istri sehingga Bank mengetahui bahwa pinjaman ini telah diketahui oleh dua belah pihak. Jika belum memiliki status, Anda hanya mencantumkan Kartu Tanda Penduduk saja. Selain itu alamat yang tercantum di dalam KTP harus sesuai dengan alamat tinggal yang sekarang. Jika alamat yang ada ternyata berbeda, maka Anda harus mencantumkan surat keterangan tinggal dari pihak kelurahan wilayah Anda.

  • Mencantumkan Akta Menikah

Pihak Bank sebagai pihak peminjam dana akan meminta fotocopy Akta Nikah. Ini digunakan agar pihak bank mengetahui bawa harta atau barang yang digunakan merupakan harta bersama. Jika harta bersama, tentu saja perlu diketahui untuk kedua belah pihak. Ketika ada masalah dan beberapa hal yang berkaitan, maka konfirmasi akan berjalan dengan lancar.

  • Fotocopy Kartu Keluarga

Syarat satu ini diperlukan agar pihak Bank mengetahui berapa banyak beban anak yang perlu ditanggung oleh calon debitur. Sehingga dapat memperkirakan bisa atau tidaknya membayar cicilan tagihan. Karena jika tanggungan anak Anda terlampau banyak, maka kemungkinan kecil pihak Bank akan ragu memberikan pinjaman dana.

  • Melampirkan buku tabungan

Dengan adanya mutasi buku tabungan selama 3 bulan terakhir. Maka kemampuan secara finansial dapat dilihat secara jelas. Dengan adanya saldo yang tertanam di dalam sebuah rekening tabungan, maka menandakan Anda bisa atau tidaknya mengganti pinjaman yang telah diberikan oleh pihak Bank. Ini berlaku bagi syarat peminjaman uang di Bank manapun di Indonesia.

  • Fotocopy slip gaji

Inilah hal yang paling dipertimbangkan oleh pihak Bank kepada calon debitur. Karena ketika suatu pendapatan di dapat dari sebuah instansi pemerintah maupun swasta diketahui nominalnya. Maka pihak Bank akan segera meluncurkan keputusan. Kemampuan finansial benar-benar diketahui dari pendapatan calon debitur. Jika seorang calon debitur ingin meminjam suatu dana dengan nominal besar sedangkan pendapatan gaji sedang-sedang saja. Maka tentu saja kemampuan untuk membayar pinjaman terasa sulit. Dan pastinya pihak Bank tidak akan menyetujui permohonan pinjaman yang diajukan oleh calon debitur.

  • Bersih dari kredit

Pengajuan pinjaman memang pastinya akan diterima oleh pihak Bank sebagai pemberi dana. Namun berbeda halnya jika masih memiliki kredit atau pinjaman yang belum selesai. Permasalahan kredit yang belum dibereskan, tidak akan membuka peluang bagi Anda untuk meminjam dana kepada Bank. Karena dengan hal seperti ini, berarti menandakan bahwa ada urusan pinjaman yang belum Anda penuhi. Dan pihak Bank akan takut meminjamkan dana kepada Anda.

Dengan terpenuhinya syarat peminjaman uang di Bank seperti diatas. Maka pihak yang berwenang akan dengan cepat dalam memutuskan keputusan untuk memberikan dana kepada Anda atau tidaknya. Karena biasanya, jika keperluan dan persyaratan tidak terpenuhi. Maka pihak Bank akan takut meminjamkan dana. Yang mana dana Anda belum tentu akan terbayarkan atau tidak kepada pihak Bank. Sehingga dalam pemilihan calon debitur, sangat selektif.

Meminjam uang merupakan sebuah cara untuk memperoleh dana tambahan agar dapat menutup kebutuhan tertentu yang dimana pendapatan yang ada masih kurang. Meminjam uang dapat dilakukan di banyak lembaga keuangan. Salah satu tempat yang paling fleksibel dan credible adalah bank. Salah satu jenis produknya adalah KMG atau kredit multiguna. Kredit ini merupakan produk yang memberi fasilitas pinjaman pada peminjam yang dimana si peminjam harus memberi agunan atau jaminan. Besarnya pinjaman yang diperoleh disesuaikan dengan harga barang yang dijadikan sebagai jaminan. Sebelum Anda mengajukan kredit multiguna, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu syarat peminjaman uang di bank menggunakan BPKB.

Beberapa bank memang menerapkan persyaratan tertentu yang mungkin sedikit berbeda dari satu bank ke bank lain. Namun, pada dasarnya persyaratan dasar yang harus dipenuhi sebenarnya relatif sama. hal ini dikarenakan produk kredit multiguna ini dikembangkan sebagai sebuah produk perbankan yang sesuai dengan peraturan Undang-Undang di Indonesia. dengan kata lain, model pinjaman ini dikembangkan sebagai dukungan dunia perbankan pada perkembangan iklim usaha yang kompetitif dan sehat.

Ada berbagai macam produk yang beredar di masyarakat membuat masyarakat bingung membedakan mana syarat peminjaman uang di bank yang harus di penuhi dengan mana dokumen pendukung yang harus dilampirkan jika ingin mengajukan kredit. Lantas, apa saja persyaratan yang umum diberikan oleh bank? Persyaratannya seperti:

  • Calon debitur berusia 21 tahun atau lebih ketika mengajukan pinjaman,
  • Di akhir masa angsuran, calon debitur mempunyai usia maksimal 55 tahun,
  • Mempunyai gaji yang cukup untuk membayar angsuran,
  • Mempunyai penghasilan tetap, untuk beberapa wilayah, minimal penghasilan ini biasanya diterapkan dalam jumlah berbeda-beda,
  • Memenuhi segala persyaratan penilaian dari pihak bank.

Persyaratan yang berada di atas merupakan dasar persyaratan. Untuk persyaratan lain seperti dokumen pendukung. Dokumen pendukung merupakan hal mutlak. Dokumen pendukung ini seperti fotocopy dari calon debitur, foto 4X6 berwarna, KK, fotocopy jaminan asli, slip gaji, buku tabungan 3 bulan terakhir. Dokumen pendukung ini berlaku secara global. Untuk syarat spesifik seperti surat nikah, ada juga bukti usaha dan NPWP juga sering dicantumkan.

Banyak orang yang mengeluhkan susahnya mengajukan pinjaman ini. Sebenarnya, pinjaman Anda bisa diterima dengan lebih mudah jika Anda dapat meyakinkan bank. Bagaimana cara meyakinkan pihak bank? Berikut cara yang dapat Anda ikuti, antara lain:

  • Menyiapkan argumen. Saat wawancara, yakinkan bank dengan kata-kata yang Anda kuasai, yakinkan jika Anda harus mengambil pinjaman ini dan Anda yakin dapat membayar sesuai dengan ketentuan bank,
  • Selalu perhatikan penampilan Anda. saat menemui pihak bank, selalu kenakan pakaian yang rapi dan baik,
  • Gunakan identitas yang asli. Beberapa orang melakukan serangkaian cara agar pinjaman mereka di setujui, salah satunya dengan menggunakan identitas palsu. Padahal, identitas palsu ini bila sampai di ketahui oleh bank akan menyebabkan aplikasi Anda mengalami penolakan,
  • Mudah dihubungi. Alasan dari bank yang kuat untuk mencairkan pinjaman yang Anda ajukan adalah kemudahan untuk dihubungi, dan dikunjungi.

Prinsip dasar dalam dunia perbankan adalah kepercayaan. Mengetahui syarat peminjaman uang di bank dengan lengkap dan mengerti seluruh proses di bank merupakan kunci sukses dari persetujuan kredit yang Anda ajukan. Kepercayaan ini dapat di mulai dari pengajuan berkas pinjaman yang akurat dan lengkap pada saat penyerahan ke bank. Selalu ikuti prosesnya dengan jujur agar kredit Anda dapat cair dengan baik.

PT BPR BERLIAN BUMI ARTA – http://bpr-bba.com/ BPR yang berdaya saing tinggi, Kami senantiasa berusaha untuk meningkatkan kepercayaan Masyarakat. Menumbuh kembangkan kepercayaan merupakan modal kami untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan nasabah. KLIK DISINI. Hubungi Kami di (0274)566294 / email : bbaygy@yahoo.com

 

Related Posts

Write a comment