Cara Membersihkan Uang Koin Kuno

Cara Membersihkan Uang Koin Kuno

Cara Membersihkan Uang Koin Kuno

Apakah diantara kalian ada yang mempunyai hobi menyimpan uang koin kuno? Atau yang biasa kita sebut sebagai kolektor aung koin kuno. Namanya saja uang kuno, pasti terdapat salah satu koin kotor bukan? Nah berikut adalah beberapa tips merawat atau membersihkan uang koin kuno. Simak ulasan berikut !

Cara membersihkan uang koin

Strategi mudah membersihkan koin

Kalau terdapat noda atau kotoran pada koin, proses pembersihannya secara sederhana adalah:

  • Basahi sikat gigi bekas dengan air sabun hangat.
  • Perlahan-lahan gosok koin menggunakan sikat gigi tersebut.
  • Bilas koin menggunakan air hangat.
  • Keringkan koin dengan kain bersih yang lembut.

Cara mengkilapkan uang koin

Bila warna koin Anda mulai memudar, bukan cuma kotor, Anda memiliki beberapa pilihan cara mengkilapkan uang logam:

  • Gunakan penghapus pensil yang lunak untuk menggosok koin sampai mendapatkan kilau yang diinginkan. Penghapus pensil yang sudah lama dan keras tidak akan memberikan hasil yang bagus.
  • Pakai sikat gigi bekas untuk menggosok koin dengan saus tomat. Saus tomat mengandung cuka yang membantu membersihkan koin.
  • Buatlah campuran bubuk soda kue dan air. Ambil sedikit campuran ini dengan ujung jari telunjuk, celupkan ke dalam air hangat lalu gosokkan ke koin.

Untuk membersihkan beberapa koin sekaligus, pastikan koin-koinnya tidak saling bertumpuk. Rendam selama 5-10 menit di dalam mangkuk berisi 60 ml cuka putih bercampur satu sendok teh garam.

Pastikan Anda membilas dan mengeringkan koin-koin setelah dibersihkan.

Merawat koin

Cara memoles koin yang benar sangat penting untuk diketahui mengingat bahwa lapisan hasil oksidasi (patina) selama bertahun-tahun pada koin dapat meningkatkan nilai koin antik. Lapisan tersebut sebaiknya dibiarkan menempel. Untuk mempertahankan kilau koleksi koin-koin berharga, hindari hal-hal berikut ini:

  • Minyak kulit tubuh: jangan menyentuh koin kalau tidak perlu. Jika Anda harus menyentuhnya, gunakan sarung tangan katun atau lateks.
  • Air liur: hindari memasukkan koin ke dalam mulut untuk mencegah bintik-bintik atau perubahan warna terjadi pada koin. Dan tentu saja untuk mencegah keracunan.
  • Penyimpanan yang tidak tepat: hati-hati terhadap plastik PVC atau kertas yang mengandung asam karena beberapa zat kimia di dalam bahan-bahan ini dapat merusak koin. Kalau Anda menerima koin dalam tempat koin khusus, simpan di dalam tempatnya terus dan jangan dikeluarkan.
  • Perubahan suhu: pastikan koin Anda berada di tempat yang sejuk, kering, dan gelap di dalam kotak penyimpanan atau kabinet yang didesain khusus untuk koin-koin antik.

PT BPR BERLIAN BUMI ARTA – http://bpr-bba.com/ BPR yang berdaya saing tinggi, Kami senantiasa berusaha untuk meningkatkan kepercayaan Masyarakat. Menumbuh kembangkan kepercayaan merupakan modal kami untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan nasabah. KLIK DISINI. Hubungi Kami di (0274)566294 / email : bbaygy@yahoo.com

Related Posts

Write a comment