Cara Kerja Alat Deteksi Uang Palsu Lampu Ultra Violet

Cara Kerja Alat Deteksi Uang Palsu Lampu Ultra Violet

Di bank biasanya terdapat alat deteksi uang palsu lampu ultraviolet, dengan tujuan menghindari penerimaan uang palsu atau upal. Yang sering kita dengar, adalah 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang). Hal tersebut adalah cara yang sering disosialisasikan BI yang disebut dengan rumus 3D.

Namun perlu diketahui, teknik 3D tersebut adalah teknik dasar, hanya bisa mengenali apa yang tampak oleh mata saja. Kenyataannya saat ini menyesuaikan perkembangan zaman uang asli dibuat dengan berbagai teknik dengan disematkan beberapa pengaman di dalamnya yang cara mengenalinya harus dengan menggunakan alat bantuan, tidak bisa cukup dilihat, diraba, dan diterawang doang. Alat tersebut adalah lampu ultra violet / sinar UV.

Cara kerja alat deteksi lampu ultra violet

Demi memberikan pengetahuan kepada masyarakat, pemerintah menyebarkan info ciri-ciri uang asli secara terbuka. Jadi siapapun dengan mudah mengetahuinya. Menurut saya ini bisa jadi bumerang. Bayangkan saja bila pembuat uang palsu mengetahuinya. Sudah pasti kedepannya saat hendak mencetak uang palsu lagi akan dibuat sedemikian rupa biar memiliki ciri-ciri apa yang uang asli punyai.

Namun BI tidak tinggal diam. Makin ke sini mereka mencetak uang baru dengan disematkan beberapa tambahan pengaman yang lebih rumit dengan tujuan sulit untuk dipalsukan. Namun akibatnya pengaman-pengaman tersebut tidak bisa dikenali lagi dengan metode sederhana 3D. Tambahan-tambahan pengaman tersebut, contohnya:

Di dalam sebuah uang kertas, ada gambar yang tidak kasat mata yaitu seperti pada uang 50.000 ada siluet Penari Bali yang akan memendar hijau kekuning-kuningan jika dilihat dibawah sinar UV dan tulisan 50.000nya juga akan memendar. selain itu nomor seri atas berubah warna menjadi oranye, nomor seri bawah berubah warna menjadi hijau serta tanda air, logo bi, gambar ornamen akan berubah warna menjadi hijau jika dilihat di bawah sinar UV.

Nah begitulah fungsi dan cara kerja alat pendeteksi uang palsu lampu ultraviolet.

PT BPR BERLIAN BUMI ARTA – http://bpr-bba.com/ BPR yang berdaya saing tinggi, Kami senantiasa berusaha untuk meningkatkan kepercayaan Masyarakat. Menumbuh kembangkan kepercayaan merupakan modal kami untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan nasabah. KLIK DISINI. Hubungi Kami di (0274)566294 / email : bbaygy@yahoo.com

 

Related Posts

Write a comment